PENGHARGAAN INDUSTRI HIJAU

PT. ASTRA DAIHATSU MOTOR KEMBALI MERAIH PENGHARGAAN INDUSTRI HIJAU

Kementerian Perindustrian(Kemenperin) melalui direktorat Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) telah menyelenggarakan Penghargaan Industri Hijau tahun 2015 di Istana Wapres, Jakarta, Rabu (16/12). Padakesempa tantersebut Menteri Perindustrian, Bp. Saleh Husin mengatakan bahwa penghargaan industri Hijau merupakan salah satu program dari Kemenperin dalam bidang industri yang tertuang dalam Undang - Undang (UU) No.3 tahun 2014 tentang Perindustrian serta diintegrasikan dalam semua program kerja Kemenperin dan termasuk dalam Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN) 2015. Penghargaan industri Hijau diberikan kepada perusahaan industri yang dalam proses produksinyamengutamakan efisiensi dan efektivitas penggunaan sumberdaya sehingga, mampu menyelaraskan pembangunan industri dengan kelestarian lingkungan hidup serta dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.
Pada tahun 2015 ini, Kemenperin melakukan evaluasi kepada 112 perusahaan yang telahmen daftarkan diri untuk berpartisipasi dalam program Penghargaan Industri Hijau dengan mencakup pada tiga aspek penilaian, yakni aspek input, energi, air, teknologi, SDM, dan lingkungan kerja dengan bobot 70 persen, penurunan emisi CO2 dan pengolahan limbah 20 persen, serta aspek manajemen perusahaan 10 persen. Dari hasil penilaian tersebut, Penghargaan Industri Hijau 2015 diberikan kepada 102 perusahaan yang terdiri dari 59 perusahaan dengan level 5 (Nilai 90.1 - 100)dan 43 perusahaan dengan level 4 (Nilai 80.1 - 90). Level 5 adalah level tertinggi/terbaik dari penilaian Industri Hijau.
Pada akhirnya, setelah melalui proses penilaian dan verifikasi lapangan yang dilakukan langsung oleh tim Sekretariat Penghargaan Industri Hijau, Bidang Pengkajian Industri Hijau Badan Pengkajian Kebijakan Iklim dan Mutu Industri Kementerian Perindustrain Republik Indonesia, PT. ADM Assembly Plant, PT. ADM Casting Plant dan PT. ADM Karawang Assembly Plant menerima penghargaan level 5 dan level 4 yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Bp. Jusuf Kalla dan Menteri Perindustrian Bp. Saleh Husin di Istana Wakil Presiden RI pada tanggal 16 Desember 2015.
Pada kesempatan tersebut, Wakil Presiden RI Bp. Jusuf Kalla menekankan penting nya penerapan industri hijau bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri di Tanah Air. Bp. Jusuf Kalla juga menegaskan tahun depan semua perusahaan harus berbasis industri hijau dan itu akan diatur dalam suatu peraturan khusus. Kemudian, akan diterapkan sanksi bagi perusahaan yang melanggar aturan industri hijau. Seperti, membayar pajak lebih atau membayar emisi yang dikeluarkan. Ditambah lagi, trend dunia berubah, kota maju tidak lagi digambarkan dengan industri yang memiliki cerobong asap hitam. Melainkan, kota dengan industri yang bersih dan ramah lingkungan. "Indonesia harus punya suatu skala yang dipenuhi semua pihak agar kita tidak kena aturan-aturan tentang emisi atau lingkungan yang salah pada masa yang akan datang", sambung Wakil Presiden Bp. Jusuf Kalla.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Bp. Jusuf Kalla menekankan bahwa kepesertaan Industri Hijau yang sebelumnya atas dasar kesukarelaan, tahun depan menjadi keharusan sehingga semua industri dapat mencapai level yang diharuskan. Penghargaan Industri Hijau juga merupakan bentuk apresiasi pemerintah dan insentif bagi perusahaan dan industri, oleh karena itu semoga dengan penghargaan yang diraih oleh PT. Astra Daihatsu Motor ini, dapat menjadi pemacu dan penyemangat lagi untuk tetap mempertahankan apa yang telah diraih dan terus menerus melakukan perbaikan secara berkesinambungan dalam rangka peningkatan pengelolaan lingkungan hidup , pembangunan berkelanjutan dan memberikan nilai terbaik serta menyediakan layanan terkait yang penting untuk meningkatkan nilai stakeholders dan ramah lingkungan.


ROHMA 

W.A / TLP : 081310822020 / 087881558505

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Entri Favorit

HARGA KREDIT DAIHATSU TERIOS - PROMO DP MURAH

Harga Kredit Daihatsu Terios 2018 Promo Dp murah Angsuran ringan... Harga Mulai 195,200,000 Segeraaa Dapatkan Mobil Impian Dan Promo Bulan i...

Recent Post